Sabtu, 06 November 2010

Warga New Zealand Galang Dana Tsunami via Facebook

PADANG - Banyak cara yang dilakukan para relawan kemanusiaan untuk para korban bencana gempa dan tsunami Mentawai. Seperti yang dilakukan Shayne McGrath (28), meski tak bisa ke Mentawai, namun dia menunjukkan kepedulian dengan cara menggalang dana via Facebook.

“Saya mencari donatur melalui Facebook dan e mail dari para donatur seperti di Australia, Selandia Baru, Belanda dan sejauh ini sudah terkumpul 1.000 dolar Australia,” katanya pada wartawan di Posko Lumbung Derma, jalan Kampung Nias I Padang, Jumat (5/11/2010).

Dia juga menyayangkan tidak bisa turun langsung ke Mentawai, padahal pengakuannya bisa membangun rumah untuk korban. “Saya juga bisa membangun rumah seperti yang saya lakukan di Australia, New Zealand, dan Amerika Latin yang kena bencana alam. Saya juga bisa menyumbangkan tenaga saya untuk membantu korban mengirim logisitik untuk korban,” katanya.

Sebelumnya, pria yang bisa berbahasa Indonesia secara patah-patah ini, pernah menjadi relawan di Tasmania, di samping ia juga bergabung dengan NGO The Wilderness Society, serta Greenpeace.

Setelah tiga pekan menjelajah Sumatera, sebelum ke Padang kata Shayne ia ke Aceh melihat harimau, gajah, dan orang utan Sumatera. Pada 28 November dia sampai ke Padang setelah mendengar Mentawai kena tsunami. “Rencana saya akan ke Australia karena visa saya habis pada 6 November mendatang,” pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar