Sabtu, 20 November 2010

2011, Titik Balik Serangan Malware ke Ponsel

TORONTO - Tahun 2011 diperkirakan akan menjadi puncak gelombang serangan program-program jahat ke ponsel cerdas. Pengguna smartphone diharapkan siap mengantisipasi serangan-serangan tersebut dengan melindungi perangkat genggamnya melalui software antivirus.

Hal itu diungkapkan CEO vendor antivirus McAfee Dave DeWalt pada Acara SC Congress Canada, di Toronto, Kanada. Demikian dilansir Cellular-news, Jumat (19/11/2010).

"Tahun depan akan menandai titik balik dari ancaman aplikasi mobile," kata DeWalt.

Di masa lalu orang mungkin hanya berupaya untuk melindungi email. Dan email dianggap sebagai masalah keamanan utama yang terkait dengan smartphone.

"Tapi sekarang ribuan aplikasi pihak ketiga yang tersedia menimbulkan risiko dari ancaman malware atau pencurian informasi pribadi," tambah DeWalt.

Selanjutnya ia mengungkapkan, tantangan ini akan terus meningkat di masa depan karena semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Penyedia solusi keamanan saat ini juga sedang berjuang untuk menghalau dan menemukan cara mengatasi ancaman tersebut.

Sementara itu sejumlah ahli keamanan mengatakan, tantangan baru lainnya dari pertumbuhan eksponensial malware adalah pergeseran motivasi dari penjahat dunia maya. Di masa lalu penjahat hanya mencari ketenaran tapi dewasa ini niat mereka sebagian besar termotivasi masalah finansial.

Selain itu mereka juga mencari data intelijen atas nama negara-bangsa, mencuri kekayaan intelektual atau terlibat dalam cyberterorism.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar