Sabtu, 20 November 2010

Ponsel Android Terbaru Diklaim akan Gantikan Kartu Kredit

CALIFORNIA - Eric Schmidt dari Google telah mengumumkan sebuah ponsel Android baru yang akan dilengkap dengan sistem pembayaran mobile.

Eric Schmidt, chief executive dari Google, menunjukkan ponsel dengan Android, yang dilengkapi dengan sebuah kepingan (chip) yang akan membolehkan pengguna untuk melakukan pembayaran melalui handset mereka. Demikian seperti yang dikutip dari Telegraph, Rabu (17/11/2010).

Ketika membuka pertemuan tahunan 'Web 2.0 Summit' di San Francisco, Schmidt menunjukkan ponsel tersebut, dan dilengkapi dengan chip dari Near Field Communication, yang akan membolehkan orang-orang melakukan pembayaran melalui ponsel mereka, seperti halnya kartu kredit.

Versi terbaru dari Android, yang disebut sebagai 'Gingerbread' ini akan diluncurkan dalam beberapa pekan ke depan, akan menampilkan sistem pembayaran terbaru ini sebagai tool kunci. "Ini bisa menggantikan kartu kredit anda," ujar Schmidt.
Para pengguna nantinya akan membutuhkan sebuah chip NFC dan OS Android Gingerbread untuk mengaktifkan teknologi ini. Teknologi dari NFC ini membolehkan para pengguna untuk men-tap ponsel mereka pada sebuah simbol atau sebuah barang di dunia untuk membuat tindakan tersebut berhasil, contohnya seperti melakukan pembayaran.

Schmidt menggarisbawahi bahwa kini Google belum memiliki kerjasama dengan satu pihak pun untuk perilisan produk ini, tapi Google akan bekerjasama dengan prosesor pembayaran pihak pengembang ketiga. Selain itu dia juga mengatakan bahwa Google tidak akan mengambil data pribadi melalui transaksi kartu kredit via ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar