Kamis, 04 November 2010

Intel Gabung Toshiba dan Samsung Ciptakan Chip Baru

SAN FRANCISCO - Intel akan bergabung dengan produsen chip asal Asia, Toshiba dan Samsung, untuk membentuk konsorsium yang bertujuan mengembangkan teknologi chip fabrikasi generasi berikutnya.

Surat kabar bisnis Jepang Nikkei Daily melaporkan, Senin (1/11/2010), bahwa Toshiba dan Samsung akan bergabung dengan Intel dalam usaha mereka untuk merancang transistor di chip 10 nanometer yang terbaru.

Seperti diektahui, Samsung dan Toshiba adalah pemimpin dunia dalam manufaktur NAND-flash dan diharapkan akan bergabung dengan Intel pada sebuah konsorsium, bersama 10 perusahaan yang terlibat dalam pembuatan semi konduktor dan ilmu material.

Menurut sumber tersebut, Intel akan mulai berinvestasi sekira USD60 juta dalam konsorsium tersebut. Jumlah tersebut hampir setengah dari dana investasi pengembangan yang diperlukan.

Kemajuan dalam teknologi semikonduktor fabrikasi keluaran dari konsorsium tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi anggota dalam bidangnya masing-masing. Seperti Samsung dan Toshiba dengan memori flash dan Intel dengan mikroprosesor.

Diharapkan produk fabrikasi 10 nanometer ini akan bisa dimanfaatkan anggota konsorsium tersebut pada tahun 2011 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar