Kamis, 04 November 2010

Komponen Ponsel dan Smartphone Mulai Langka

PERMINTAAN global ponsel dan smartphone memang berpotensi melambung tinggi hingga beberapa tahun mendatang. Meski demikian firma riset ABI Research Inc memperingatkan, pertumbuhan tersebut berpotensi terganjal akibat kelangkaan suplai komponen.

Di pasar ponsel, ABI Research menjelaskan, komponen yang pada saat ini mulai langka karena permintaan terlalu tinggi adalah komponen-komponen semikonduktor. Sementara di pasar smartphone, komponen yang sudah langka adalah panel display.

Firma riset Gartner Inc juga menerbitkan peringatan serupa. Gartner memaparkan, keluarga smartphone iPhone dari Apple Inc mulai terdesak oleh smartphone bersistem operasi Android, produksi Google Inc, bukan hanya karena Android didukung lebih banyak produsen handset tetapi juga karena Apple kesulitan meningkatkan kapasitas produksi iPhone 4.

"Produksi smartphone kelas atas seperti iPhone 4 dilanda kendala suplai karena para produsen display kesulitan meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi lonjakan permintaan," ujar Research Vice President Gartner Inc Carolina Milanesi.

Gartner menjelaskan, iPhone 4 menggunakan display yang bersistem pencahayaan LED (light emitting diode) karena para produsen LED sudah beroperasi pada kapasitas 100 persen, Apple pun kesulitan meningkatkan volume produksi iPhone 4.

"Permintaan LED saat ini sudah jauh melampaui suplai. Lonjakan permintaan LED pun akan berlanjut hingga paling tidak tiga tahun mendatang," tutur Senior Director iSuppli Corp Jagdish Rebello.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar